Obat Kolesterol

Makanan Penambah Tinggi Badan

Makanan Penambah Tinggi Badan ,- Memiliki tubuh yang tinggi , selama masih dalam ukuran wajar tentu sangat diinginkan oleh banyak orang.Sebagian besar masalah tinggi badan tergantung dari genetika , olahraga yang tepat,dan faktor asupan gizi.Pria masih bisa terus tumbuh hingga mencapai batas usia 25 tahun,sedangkan wanita akan mencapai tinggi sepenuhnya pada usia 18-19 tahun.

Tinggi badan seseorang diatur oleh sejenis hormon yang disebut dengan human Growth Hormone ( HGH ). Yaitu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis, yang akan meningkatkan tinggi badan. Oleh karena itu, disarankan untuk makan-makanan yang dapat membantu fungsi HGH.

tinggi

Baca Juga : Efek Samping Kopi Bagi Perempuan

Meskipun tinggi badan telah ditentukan secara genetik, namun fakta mengatakan bahwa pertumbuhan tubuh juga tergantung faktor eksternal tertentu. Faktor gizi adalah salah satu faktor eksternal tersebut. Tinggi badan yang tidak maksimal juga bisa diakibatkan oleh proses pertumbuhan yang lambat karena asupan gizi yang tidak memadai. Dengan demikian, mengikuti aturan diet yang seimbang juga sangat penting untuk meningkatkan prospek pertumbuhan, khususnya selama masih dalam usia remaja.

Makanan dan olahraga yang tepat dibutuhkan untuk bisa memperoleh tinggi badan yang optimal.Pastikan tubuh telah mendapatkan berbagai jenis nutrisi untuk membangun otot yang kuat,ligamen dan tendon. Makanan yang kaya kalsium, mineral, vitamin dan protein harus dimasukkan kedalam daftar diet.

Nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan tinggi badan

Protein : Protein adalah nutrisi pembangun tubuh kita, dan dengan demikian juga akan membantu menambah tinggi badan. Protein mengandung asam amino yang merupakan hormon pertumbuhan, dan sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, otot, jaringan, organ, kulit dan gigi. Juga bekerja sebagai enzim yang bertugas untuk merangsang reaksi biokimia tubuh, seperti pencernaan, respirasi dan ekskresi. Kekurangan protein dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti kehilangan massa otot, pertumbuhan abnormal, sistem kekebalan tubuh lemah dan perkembangan mental yang tidak memadai.

Mineral : Makanan harus yang mengandung mineral, seperti magnesium, fosfor, fluoride, yodium, zat besi dan mangan, yang juga penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan tinggi tubuh.

Kalsium adalah mineral penting yang berguna untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Minuman berkarbonasi(soda), garam berlebihan, gula, lemak dan kopi harus dibatasi, karena bertindak sebagai inhibitor kalsium, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan. Nark*ba dan merok*k juga dapat menghambat pertumbuhan, serta berefek samping merugikan terhadap kesehatan lainnya.

Vitamin : Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting untuk perkembangan tulang yang kuat dan sehat. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, tulang lemah dan tubuh pendek. Hal ini karena vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Selain vitamin D, vitamin lain seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 (riboflavin), vitamin C(asam askorbat) dan vitamin F juga diperlukan untuk pertumbuhan tubuh yang normal. Sebagian besar vitamin-vitamin ini terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Vitamin D juga sangat baik diperoleh dari paparan sinar matahari.

Berikut daftar makanan yang dapat membantu untuk meningkatkan tinggi badan secara alami .

  • 1 . Susu :

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat, dan susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Selain itu, susu juga mengandung vitamin A yang berguna untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Susu juga mengandung protein yang akan membantu membangun sel-sel tubuh kita. Susu skim bebas lemak, mengandung 100 % protein. Setidaknya 2 sampai 3 gelas susu dianjurkan setiap hari.

  • 2 . Susu olahan:

Selain susu, makanan olahan susu juga harus dikonsumsi agar bisa tinggi lebih cepat. Makanan olahan susu seperti keju, paneer yoghurt dan es krim kaya akan vitamin A , B , D dan E. Makanan ini juga mengandung protein dan kalsium. Vitamin D dan kalsium penting bagi pertumbuhan. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tinggi badan rendah. Mendapatkan kalsium yang cukup juga sangat penting, khususnya pada masa pubertas.

  • 3 . Buah dan Sayuran :

Selain untuk meningkatkan tinggi badan, buah-buahan dan sayuran juga penting untuk kesehatan. Sayuran dan buah adalah sumber terbesar vitamin, serat, kalium dan folat. Vitamin A membantu perkembangan tulang dan jaringan. Buah-buahan seperti melon, jeruk, pepaya, mangga, markisa, semangka dan aprikot banyak mngandung vitamin A. Vitamin A juga ditemukan dalam sayur-sayuran seperti wortel, kacang polong, labu, brokoli, bayam, kubis, ubi jalar dll. Sementara itu, jeruk, berry, kentang dan tomat juga mengandung vitamin C, yang juga sangat membantu untuk pertumbuhan tulang yang sehat tulang dan berkontribusi terhadap tinggi badan.

  • 4 . Ayam :

Ayam adalah salah satu sumber protein hewani tertinggi. Bahkan menyediakan sejumlah besar protein bagi tubuh untuk membangun jaringan dan otot.

  • 5 . Daging:

Selain ayam, daging sapi juga merupakan sumber penting protein , tetapi juga mengandung lemak yang meningkatkan kadar kolesterol .

  • 6 . Biji-bijian :

Biji-bijian adalah sumber energi utama dalam tubuh kita. Selain itu juga menyediakan vitamin B, serat, zat besi, magnesium dan selenium. Karena menyediakan kalori yang diperlukan, konsumsinya harus ditingkatkan. Hal ini terutama pada saat masa pubertas, dimana anak-anak berada dalam fase pertumbuhan yang cepat. Beras merah, beras, popcorn, dan gandum bermanfaat bagi pertumbuhan yang tepat.

  • 7 . Telur :

Telur juga merupakan sumber protein yang baik. Putih telur mengandung banyak protein, juga mengandung vitamin B2(riboflavin). Dalam rangka untuk meningkatkan tinggi badan, 3 butir telur bisa dimakan setiap hari dengan mengurangi kuningnya.

  • 8 . Kedelai :

Kedelai mengandung protein nabati tertinggi. Protein murni yang terkandung dalam kedelai akan meningkatkan massa tulang dan jaringan. Untuk meningkatkan tinggi badan, 50 gram kedelai dianjurkan setiap hari. Vegetarian bisa memenuhi kebutuhan protein mereka dari kedelai. Baca juga tentang kedelai dan kandungan gizinya disini

  • 9 . Oatmeal :

Oatmeal juga merupakan sumber protein nabati yang baik, yang akan membantu meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak. Dianjurkan 50 gram oatmeal untuk sarapan setiap hari.

  • 10 . Coral Calcium :

Seperti namanya, coral calsium diperoleh dari karang laut. Ini akan membantu untuk meningkatkan massa tulang, sehingga akan membuat tulang tumbuh panjang. Kalsium ini harus dikonsumsi pada usia dini agar hasilnya maksimal.

Badan Tinggi adalah faktor genetik, tetapi juga bisa dipengaruhi oleh nutrisi yang tepat secara signifikan. Makan-makanan yang sehat dan aktivitas fisik yang sesuai dapat meningkatkan tinggi badan Anda.

Makanan Penambah Tinggi Badan

Efek Samping Kopi Bagi Perempuan

Efek Samping Kopi Bagi Perempuan ,- Sudah sejak lama orang mengkonsumsi kopi kafein yang diperoleh dari sumber makanan atau minuman berkafein,akan tetapi efeknya pada kesehatan terutama wanita terus dipelajari secara hati-hati.Kafein secara alami terdapat dalam biji kopi, daun teh,kakao,kacang cola,serta buah dan biji-bijian lain yang terdiri lebih dari 60 spesies tanaman yang ada di seluruh dunia.Tergantung dari jenis produk,porsi,dan metode pengolahan,jumlah kafein dalam produk minuman atau makanan bisa berbeda-beda.Ada banyak makanan dan minuman selain kopi yang menyediakan banyak kafein termasuk soda,minuman berkarbonasi, minuman dingin, minuman ringan mengandung kafein, coklat, kopi, es krim, teh, es teh, cokelat panas, serta juga digunakan dalam beberapa jenis obat-obatan.

Baca Juga : Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Pengaruh dan efek samping kafein khusunya pada wanita kafein dan kesuburan

Makanan atau minuman yang sering mengandung kafein harus dikonsumsi secara hati-hati selama kehamilan. Meskipun mengkonsumsi kafein dalam sedang tidak menyebabkan infertilitas dan tidak menunda waktu pembuahan pada wanita, namun takaran kafein yang tinggi harus dihindari pada wanita yang merencanakan hamil.

Kafein dan kehamilan

Konsumsi kafein secara moderat pada wanita yang dipelajari dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti merok*k, alk*hol, usia ibu, dan mual. Namun temuan tidak membuktikan keterkaitan antara kafein dan hal yang merugikan kehamilan termasuk keguguran, kelahiran prematur, cacat lahir, atau berat badan lahir rendah. Meskipun jumlah asupan kafein sedang baik-baik saja pada kehamilan, tapi disarankan untuk minum banyak air bersama kafein (karenakafein memiliki efek diuretik) dan juga minum minuman lainnya selain kopi dalam sehari.

Kafein dan menyusui

Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kafein tidak berpengaruh pada ASI. Meskipun kafein cenderung terserap ke dalam ASI, tapi 300 mg kafein bisa aman dikonsumsi oleh ibu yang menyusui tanpa memberikan kafein pada bayi dalam jumlah banyak yang bisa menyebabkan masalah.

Kafein dan kanker atau penyakit lain

Saat ini masih tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan keterkaitan antara konsumsi kafein dan tumor jinak, penyakit fibrokistik, atau nyeri pada pay*dara.
Juga tidak ada bukti hubungan antara mengkonsumsi kafein dan pengembangan segala jenis kanker termasuk kanker ovarium.

Kafein dan faktor resiko osteoporosis

Asupan kafein sering dikaitkan dengan ekskresi kalsium dalam urin, yang ditengarai sebagai faktor risiko osteoporosis; Namun penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi kalsium yang cukup saat masa-masa remaja bisa mengimbangi efek potensial pada kepadatan tulang.

Kafein dan penyakit jantung

Studi membuktikan ada keterkaitan antara konsumsi kafein dan kejadian penyakit jantung, denyut jantung tidak teratur, atau tekanan darah tinggi, bahkan satu studi menemukan bahwa kopi bisa melindungi terhadap penyakit jantung. Kafein juga diketahui memiliki efek terhadap masalah sulit tidur; jadi khususnya wanita yang sedang hamil yang terpengaruh, sering kurang tidur malam bisa menyebabkan masalah pada ibu maupun janin.

Meskipun tidak ada efek samping konsumsi kafein yang signifikan, namun disarankan untuk memoderasi asupan setiap hari. Kesimpulannya, apapun ketika dilakukan secara berlebihan termasuk mengkonsumsi kafein; maka Anda akan membayarnya dengan mahal sekarang atau suatu saat nanti.

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh,-Tomat ( Gycopersicum esculentum Mill.) merupakan buah yang sering dijadikan bumbu dan masakan. Contohnya dalam sup, sayur asem, sambal tomat masakan lainnya. Selain itu, tomat juga sering dijadikan minumah seperti jus tomat. Namun selain enak dimakan, tomat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Diantaranya menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit dan sebagai masker untuk wajah. Untuk pengobatan, tomat dipercaya dapat mengobati wasir, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jntung dan menangkal sel-sel kanker.

Manfaat buah tomat untuk kesehatan , tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya.Buah tomat mengandung mengandung alkaloid solanin (0,007%), saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid (termasuk rutin), protein, lemak, gula (glukosa, fruktosa), adenin, trigonelin, kholin, tomatin, mineral (Kalsium, Magnesium, Posfor, Kalium, Natrium, Besi, sulfur, chlorine), vitamin (B1, B2, B6, C, E, likopen, niasin), dan histamin.

toRutin dapat memperkuat dingding pembuluh darah kapiler.Klorin dan sulfur adalah trace elment yang berkhasiat detoksikan. Klorin alamiah menstimulir kerja hati untuk membuang racun tubuh dan sulfur melindungi hati dari terjadinya sirosis hati serta penyakit hati lainnya. Likopen adalah pigmen kuning beta karoten pada tomat. Tomatin berkhasiat sebagai antibiotik. Selain buahnya, daun tomat juga mengandung pektin, arbutin, amigdalin, dan alkaloid.

  • Mengobati Wasir
    Rebus beberapa buah tomat yang sudah masak dalam minyak kelapa selama kira-kira sepuluh menit, lalu saring dengan sepotong kain. Setelah dingin, oleskan pada wasirnya.
  • Mengobati luka memar
    Jika Anda mengalami luka memar akibat terbentur atau terpukul, obati dengan tomat. Tim jus tomat yang ditambah dengan air jahe, lalu minum setelah dingin.
  • Mengobati Jerawat
    Tambahkan 25 ml alkohol 70% pada jus tomat (100 ml), lalu kocok merata. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan perawatan tersebut 2 sampai 3 kali sehari.
  • Kulit terbakar sinar matahari
    Bukan hanya buah tomat, daunnya juga memiliki khasiat untuk kecantikan kulit. Cuci daun muda yang masih segar, lalu giling sampai halus. Balurkan pada kulit yang terbakar.
  • Mengatasi hipertensi
    Makan buah tomat segar sebanyak 1 sampai 2 buah pada waktu pagi hari, saat perut masih kosong.
  • Radang usus buntu, sakit kuning
    Minum jus tomat, sehari tiga kali, masing-masing satu cangkir. Tetap berkonsultasi dengan dokter.
  • Mengobati Demam
    Cuci bersih 3 buah tomat masak, lalu potong-potong seperlunya. Lumatkan dalam setengah cangkir air masak dan satu sendok makan madu murni. Peras dan saring airnya, lalu minum. Lakukan tiga kali sehari. Penderita diabetes melitus dilarang menambahkan madu murni agar kadar glukosa darah tidak meningkat.
  • Radang gusi dan gusi berdarah
    Cuci buah tomat yang sudah masak, lalu makan mentah. Lakukan sehari dua kali, selama kurang lebih satu bulan.
  • Mengobati Sariawan
    Potong-potong buah tomat yang sudah masak (dua buah), lalu masak dengan ikan segar. Setelah dingin, makan. Lakukan setiap hari selama 1 sampai 2 minggu sampai tampak perbaikan.
  • Ulkus lambung
    Iris tomat masak dan jeruk yang diasamkan masing-masing satu buah. Tambahkan satu sendok makan madu, lalu aduk merata. Makan sedikit-demi sedikit, sehari 3 sampai 4 kali, selama tiga minggu.
  • Meningkatkan nafsu makan
    Jika anak Anda mengalami susah makan, suruh dia meminum jus tomat satu jam sebelum makan. Insya Alloh nafsu makannya akan bertambah.

Ternyata, tomat yang selama ini kita kenal sebagai bahan masakan, memiliki manfaat besar untuk kesehatan. So, jangan ragu untuk mengkonsumsi tomat karena khasiatnya juga luar biasa. Silahkan simak Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan.Semoga Bermanfaat Bagi Anda.

Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan,-Daun singkong merupakan daun dari pohon singkong atau dikenal juga dengan nama ketela,ubi kayu atau telo. Dalam bahasa sunda kalau di kampung saya di kota Tasikmalaya Jawa Barat Daerah Cineam disebut Sampeu yang umbinya merupakan bahan utama dalam pembuatan tape singkong ( peuyeum ) di buat Gegetuk.

singkongMasyarakat indonesia sudah sejak lama memanfaatkan daun singkong sebagai bahan makanan,baik itu sebagai lalapan atau dibuat sayur daun singkong.Namun tidak banyak yang tahu bahwa daun singkong mengandung banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat daun singkong untuk kesehatan

Menurut Prof Hembing Wijayakusuma, seorang pakar tanaman obat mengatakan bahwa efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Dan berikut ini beberapa manfaat dari daun singkong.

  • Menambah Nafsu Makan
    Jika Anda mengalami susah makan, siapkan daun singkong secukupnya kemudia direbus bersama garam dan bawang putih. Kemudian daun singkong bersama nasi dan sambal tomat.
  • Mengobati Demam & Sakit Kepala
    Sediakan 3 lembar daun songkong, kemudian ditumbuk halus. Nah, hasil tumbukkan daun singkong tadi ditempelkan di kepala seperti kompress.
  • Baik untuk Ibu Hamil
    Banyak yang bertanya apakah daun singkong baik untuk ibu hamil? Jawaban saya ya, daun singkong baik untuk ibu hamil. Karena daun singkong mengandung zat besi cukup tinggi sehingga dapat dapat membantu ibu hamil terhindar dari anemia.
  • Mengobati Diare
    Untuk mengobati diare, ambil 7 lembar daun singkong, kemudian direbus dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring airnya dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari. Jika anak yang terkena diare masih menyusu, maka yang meminum ramuan tersebut adalah ibunya.
  • Pandangan Mata Kabur
    Anda punya masalah dengan penglihatan yang seperti kabur? Obati dengan ramuan daun singkong. Caranya dengan merebus daun singkong dengan garam dan bawang putih. Setelah itu daun singkong dimakan bersama nasi sebagai lalap.

Selain daun singkong, bagian lain dari singkong seperti umbi dan batang ternyata juga berkhasiat sebagai obat tradisional. Contohnya resep tradisional berikut ini:

  • Mengobati Rematik
    Kandungan asam amino dalam singkong lah yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Bahannya adalah 100 gram batang singkong, satu batang sereh, 15 gram jahe, lalu rebus dalam 1000 cc air sampai tersisa 400 cc saja. Air yang telah disaring diminum sebanyak 200 cc, 2 kali sehari pagi dan sore.
  • Mengobati Cacingan
    Aambil kulit batang singkong secukupnya, direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas, disaring untuk diambil airnya, lalu diminum menjelang tidur malam. Dengan meminum obat dari singkong ini, maka cacing dalam perut bisa dibunuh dan membuat tubuh sehat kembali.
  • Luka Kena Panas
    Jika kulit Anda terluka karena minyak panas atau knalpot, jangan panik. Ambillah satu umbi singkong, kemudian diparut dan peras airnya. Biarkan beberapa saat sampai terlihat bagian pati (seperti tepung putih) mengendap di dasar. Gunakan bagian pati yang mengendap tersebut sebagai salep pada luka.

Kandungan Nutrisi Daun Singkong

Daun singkong bisa dibilang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Berikut angka kecukupan gizi dalam daun singkong.

Kandungan Gizi Daun Singkong – Cassava Leaves
Melayani Ukuran 100 gr (100 g)

  • Kalori 37 dari Lemak 1.80
  • Total Lemak 0.20g
  • Lemak Jenuh 0.00 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Sodium 11 mg
  • Total Karbohidrat 7.30 g
  • Diet Serat 0.6 g
  • Protein 3.70 g
  • Vitamin C
  • Vitamin B1 (Thiamin)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B3 (Niasin)
  • Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
  • Vitamin B6
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Kalium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Seng
  • Tembaga
  • Mangan

Nah , itulah beberapa manfaat dan khasiat daun singkong untuk kesehatan serta kandungan gizinya.Simak juga Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan . Semoga Bermanfaat .

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan,-Buah alpukat merupakan buah yang sangat populer di indoensia.Selain rasanya yang sangat enak , bauh alpukat juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Buah alpukat yang sudah masak biasa dijadikan jus,atau dimakan begitu saja bersama gula dan madu.

jantung

Dalam buah alpukat atau sering disebut avokad setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat.Alpukat kaya akan protein , riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), dan vitamin C. Selai itu, buah alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan makanan untuk otak.

Namun, bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat. Biji dan daun alpukat juga sering dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Misalnya untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala hingga diabetes.

Berikut ini beberapa khasiat buah alpukat serta biji alpukat untuk kesehatan dan pengobatan tradisional:

  • Mengatasi kulit wajah kering
    Daging buah alpukat yang sudah matang dilumatkan sampai seperti bubur. Kemudian, adonan tersebut digunakan untuk masker, dengan cara mengoleskannya pada muka yang kering. Biarkan kurang lebih 2 jam, kemudian bilas wajah dengan air dingin.
  • Sakit gigi berlubang
    Ambil satu biji akpukat, kemudian ditumbuk hingga halus. Gunakan sedikit bubuk biji alpukat tersebut dan masukkan ke dalam gigi yang berlubang. Atau bisa juga menggunakan kapas dan dicocokkan ke dalam gigi yang berlubang.
  • Bengkak karena Peradangan
    Biji buah alpukat dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Ambil bubuk dari biji alpukat secukupnya, kemudian ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan adonan tersebut ke bagian tubuh yang sakit.
  • Kencing manis
    Biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan golok, kemudian direbus dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Saring, minum airnya setelah dingin.
  • Rambut Berkilau
    Haluskan sebuah alpukat matang, kemudian campur dengan yoghurt, sebutir telur, setengah sendok teh minyak rosemary dan satu sendok teh minyak jojoba. Kemudian jadikan masker untuk rambut anda. Biarkan lebih kurang 20-30 menit, kemudian bilas dengan shampoo.
  • Mengobati Sariawan
    Ambil satu buah alpukat yang sudah masak, keruk daging buahnya kemudian diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh. Ini merupakan cara yang enak untuk mengobati sariawan.

Oke , itu dia manfaat buah alpukat serta biji alpukat untuk kesehatan serta kecantikan.Simak juga artikelĀ Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi.Semoga Bermanfaat ..